Kabupaten Bandung Barat dan Keindahannya

Kabupaten Bandung Barat secara resmi berdiri pada 2 Januari 2007 dengan dasar hukum Undang-Undang 12 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Bandung Barat di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat adalah kabupaten baru provinsi Jawa Barat, Indonesia, pemekaran dari Kabupaten Bandung. Ibu kota Kabupaten ini berada di Ngamprah dan berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang di sebelah barat dan utara, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi di sebelah timur, serta Kabupaten Cianjur di sebelah barat dan timur.
Kabupaten Bandung Barat memiliki Motto “WIBAWA MUKTI KERTARAHARJA”

Kabupaten Bandung Barat memiliki sejuta keindahan salah satunya adalah Curug Malela memang masih sedikit orang yang tahu tentang keberadaan lokasi wisata yang satu ini. Tetapi mungkin dalam beberapa tahun kedepan Curug malela ini akan menjadi tempat wisata yang ramai di kunjungi para wisatawan.

kabupaten bandung barat dan keindahannya

Semakin sulit medan perjalanan, semakin indah juga hasil yang kita dapat. Ini yang menggambarkan indahnya Curug Malela. Terletak di Desa Cicadas, Kecamata Rongga, Gunung Halu Kabupaten Bandung Barat. Curug yang dalam Bahasa Indonesia berarti air terjun ini belum banyak diketahui orang, walaupun tahu enggan untuk pergi kesana karena akses jalan yang sangat sulit. Curug Malela ini berjuluk “Niagara Mini.” Air terjun Malela ini sangat unik karena biasanya air terjun itu mejulang tinggi tetapi air terjun ini melebar hingga 50 meter dengan ketinggian 60-70 meter. Curug Malela ini merupakan air terjun yang paling tinggi dari ke tujuh air terjun yang lainnya; Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan yang terakhir Curug Pamengpeuk.

 

Aliran air Curug Malela yang sangat deras membuat air tersebut menjadi embun bila terhempas angin. Jika air embun mengenai wajah akan terasa sejuk dan menyegarkan dan apabila lebih dekat lagi dengan lokasi air terjun, akan terasa seperti mandi. Karena tidak lama lagi air embun yang semakin banyak maka akan semakin basah kuyup.

 

Rute perjalan untuk menuju ke Curug Malela dari Bandung melalui jalur alternatif Bandung ke cimahi. Waktu tempuh jarak bisa sampai satu setengah jam. Dari Cimahi lanjut ke Cililin dengan jarak tempuh 1 jam, kemudian dari cililin menuju Sedang Karta bunijaya dengan jarak tempuh 2 jam, lanjut perjalanan menuju Bunijaya ke Desa Cisadas dengan jarak tempuh 3 jam bahkan lebih karena akses jalan rusak parah. Dari perjalanan yang ditempuh tidak semua infratruktur jalan menuju curug mulus, ada juga infrastruktur jalan yang rusak parah. Jalan tersebut mulai dari Bunijaya hingga lokasi Curug Malela. Akses untuk berwisata ke Curug Malela ini hanya bisa dilalui menggunakan motor trail atau mobil offroad.

 

Sedemikian panjang dan tentu saja melelahkan perjalanan menuju Curug Malela. Namun demikian semua perjuangan yang kita keluarkan akan mendapatkan imbalan yang sepadan, indah dan segarnya alam Curug Malela. Alam tidak akan pernah bersembunyi.

credit to: warna nusantara

 

One Comments

  1. […] Terbentuknya Padalarang WAR berawal dari sebuah kesukaan terhadap game online yang bernama Clash Of Clan hingga mengerucut untuk membuat sebuah komunitas / Clan yang memiliki tujuan positif dan pasti. Dan sekarang tumbuhlah Komunitas ini dengan Nama Padalarang War. Tujuan di bentuknya Clan Padalarang War yaitu untuk mengubah sisi negatif game menjadi sebuah komunitas pemuda yang kreatif didukung oleh para pemuda kreatif di Kota Padalarang, Bandung Barat – Jawa Barat. […]

Leave a Reply